Jajanan Tradisional

Yeahh lama ga nulis... bingung mau nulis apa lagi hmmm.. ga ada ide, tapi kangen nge blog juga ahhh...... yah udah karena semenjak vakum ngetrip saya lebih sering kuliner, jadi saya mau mereview jajanan tradisional favorit saya. Ga semua saya review, disisni saya mereview  6 jajanan tradisional yang sekarang banyak ditemukan di seluruh wilayah Indonesia.

Oke kita mulai saja yah.....

  • Es tung Tung/ Es puter 
Es Tradisional ini berbeda dengan es krim pada umumnya. Jika biasanya es krim dibuat dengan susu, kalo ini menggunakan santan, jadi rasanya sangat cocok buat lidah kita. Selain itu proses pembuatannya sangat tradisional yaitu bahan eskrim dituang dalam tong yang dimana disekitar tong dikasih es batu kemudian tongnya diputar putar hingga menjadi eskrim. eskrim yang dibuat dengan santan ini lebih enak jika dicampur dengan potongan buah tropis seperti nangka... wih manisnya segar. Dan biasanya dijual sama orang dengan mengelilingi  komplek atau pemukiman menggunakan gerobak dan penjualnya memukul  semacam gong sebagai petunjuk es tung-tung ada  lewat. Alasan itu juga yang kadang es tersebut disebut es tung tung.

  •  Kerupuk Mihun
Kerupuk mihun ini sangat terkenal buat anak-anak, ga berbeda dengan mihun pada umumnya.. cuma yang membedakan cara makannya, dimana mihun diletakan di atas kerupuk dan dimakan langsung. Sebetulnya hal ini terjadi karena biasanya mereka tidak mempunyai sendok, jadi mereka memanfaatkan kerupuk sebagai piring dan sendok. 




  • Klapertart
 Klapertart adalah kue tradisional dari Manado dimana kue ini mendapat pengaruh dari masakan portugis. Klapertart adalah kue dengan berbahan dasar daging kelapa dan susu atau santan, kemudian diberi toping kismis, kayu manis  atau keju. Rasnaya creamy manis, lembut dan wah banget dah.. salah satu favorit saya sebagai dessert. Sekarang ini juga macam variasi dibuat, seperti rasa durian dan green tea.

  • Tahu Bakso
Tahu bakso adalah tahu yang disi dengan adonan bakso, kemudian dikukus hingga matang. Nah kalo digoreng bakal jadi Batagor hehehhe. Biasanya menggunakan saus kacang sebagai pendampingnya.. enak enak






  • Pisang Keju 
Pisang keju adalah pisang goreng yang diberi gula merah dan keju parut dan ekstra susu cair. Paling cocok buat nemanin nonton bersama keluarga, karena mengenyangkan banget apalagi masih anget.. renyah gitu.
  • Jajanan Pasar
Jajanan pasar sangat beraneka ragam, ada yang basah adah yang kering ada juga yang dipanggang. Seperti gambar ini, ada Bingka kentang yang proses masaknya dibakar/kukus rasanya manis yang soft. Ada kue Sus yang membuatnnya dipanggang di oven , rasa kulit sus tawar namun filling dalam sus berupa fla yang manis, sehingga cocok banget. dan Risoles dimana, isinya biasanya sayuran dan kadang ada yang isi ayam, rogut dan lainnya. Selain 3 itu tentu banyak lagi aneka ragamnya, apalagi setiap daerah pasti ada jajanan pasar khas setiap daerah... enak enak.


Komentar

Posting Komentar