Masjid Cheng Ho di Kalimantan Timur

Masjid Cheng Ho sangat terkenal di Surabaya, karena konsep arsitekturnya sangat oriental atau nuansa klenteng. Cheng Ho sebenarnya adalah laksamana Muslim dari negri china yang datang ke Asia tenggara untuk berdagang dan juga menyebarkan agama Islam berapa ratus tahun silam. Dan hal ini sendiri menjadikan alasan warga Tionghoa di Indonesia menggunakan nama beliau untuk Masjid mereka yang sangat bernuansa Oriental. Dan Masjid Cheng Ho sendiri tidak hanya ada di Surabaya, di kota besar seperti Palembang dan pasuruan juga terdapat Masjid tersebut. Dan di Kalimantan Timur sendiri terdapat masjid Cheng Ho yang sangat terlihat nuansa Orientalnya sendiri.


Berbeda dengan Masjid Cheng Ho lainnya yang terletak di Kota, masjid Cheng Ho di Kaltim ini terletak di Jl. Provinsi Balikpapan- Samarinda atau masuk wilayah Kutai Kartanegara. Bagi Kita yang sering berpergian, sering kita melihat masjid ini berdiri megah di tepi jalan. Masjid ini sendiri menjadi "Point Of Interest" di sekitar lingkungan yang bisa dibilang sangat jauh berbeda. Menurut Info yang di dapat, Masjid ini dibuat oleh Organisasi Tionghoa, tapi entah sejak kapan masjid ini mulai berdiri.

Untuk Masjid ini sendiri tidak terlalu besar, namun warna khas merah dan ornamen masjid ini sendiri memberi kesan yang berbeda. Walau begitu Masjid ini masih "kurang" Oriental dibandingakan kota-kota lainnya yang sangat Oriental. Walau begitu keberadaan Masjid ini sendiri memberi warna bereda dan membuat pengendara tertarik ibadah di Masjid ini.

Info
Lokasi: Desa Batuah, Kec. Loa Janan, Kab Kuatai Kartanegara (20 KM dr samarinda)

Komentar