Awal Desember menjadi inpirasi anak-anak di Tenggarong

Yeahh masuk bulan baru di akhir tahun 2015....
Apa yang saya lakukan yah di awal bulan desember ini?? Jawabannya menjadi sukarelawan yang tergabung dalam tim Inspirasi di Kelas Inspirasi Tenggarong ke -1. Kegiatan yang dimana kita menjadi "mentor" buat anak-anak usia SD yang lokasinya agak pinggiran kota, dimana tujuan kegiatan ini, kita mampu menjadi Inspirator buat anak-anak agar bisa meraih impian mereka. Bergabung saya awalnya dapat info dari teman dan mencoba berpartisipasi dengan mengirimkan "lamaran", dan alhamdulillah saya lolos seleksi. Dan saya kebagian di tim 4 yang terdiri dari mas Galih sebagai ketua tim yang bekerja sebagai konsultan pajak dan dosen, pak Yuli selaku sekertaris dinas pendidikan tenggarong, Ibu emy bekerja sebagai bidan, mba irna sebagai ahli gizi, mas yuda sebagai bankir dan saya sebagai arsitek. Selain itu kami juga didukung fasilitator seper mas Novian, mba wd, dan mba mba dian. Tidak lupa sepasang fotografer esekntrik mas fuad dan mas ridwan yang selalu mengabadikan kegiatan kami.
Kegiatan kami dimulai di pagi hari jam 7.00 pagi di SDN 034 Jahab, Tenggarong. Setelah semua pasukan berkumpul, kita bertemu dengan guru-guru sekolah untuk menginfokan kehadiran kami.


Kegiatan diawali dengan acara pembukaan di lapangan sekolah, dengan murid masing-masing  berbaris manis sesuai kelasnya . Acara dibuka oleh Mas Novianto dan dilanjutkan sambutan oleh mas galih, sedangkan saya kebagian tugas mengenalkan pasukan inspirator dan fasilitatornya. Acara dimulai dengan menyanyi Indonesia Raya dan sedikit hiburan lagu ciptaan mas galih yang cukup menghibur.. Setelah selesai "upacara", kegiatan kami dimulai untuk memberikan inspirasi di setiap kelas. Disini kami para inspirator mendapat jatah setiap kelas 1 jam pelajaran, dan masing-masing mendapat 6 kelas dari 7 kelas yang ada.

Saya memulai dengan anak-anak kelas 4A, dan melakuka kegiatan di area outdoor. Agak bingung juga melakukan kegiatan ini, karena di sekolah ini area outdoor adalah lapangan terbuka, sedangkan kegiatan saya ada menggambar rumah impian yang membutuhkan alas buat menggambar. Sedikit kerepotan karena anak-anak sibuk berhamburan kemana-mana belum lagi ada yang berantem hahhaha
Setelah anak kelas 4A saya lanjutkan dengan anak-anak kelas 4B, untuk kali ini saya ngajar di dalam kelas, jadi cukup mudah mengajari. Namun disini saya terlalu semangat sampai lupa kalo jadwal giliran saya sudah kelar, dan ketika teman-teman  mengedor pintu berkali-kali namun saya tidak saya dengar... maaf pak bu hehhehe
Selanjutnya saya mengajar anak kelas 2, yang susahnya  bikin stress hahaha.... saya meminta menggambar, mereka malah meminta main bola, agak repot juga karena cita-cita mereka ingin menjadi pemain bola kebanyakan. Untuk mengatasi kesulitan ini saya sampai dibantu mba dian menemani saya dan kami melakukan kegiatan menyanyi saja.

Setelah itu jam istirahat, dan kita disuguhi soto.. alhamdulillah rasa stress berkurang dan perut kenyang. Selanjutnya saya mengajar anak kelas 6 SD yang lebih tenang dan mudah teratur, bahagianya. Btw di kelas ini mereka banyak bercita-cita ingin jadi polisi dan polwan loh... diakhir pengajaran mereka minta gambar naruto, sasuke , sakura dll.


Di kelas selanjutnya saya mengajar anak-anak kelas 3 SD, Disini saya ga terlalu repot, karena saya hanya meminta menggambar dan waktu giliran saya habis duluan, jadi ga terlalu repot. Selanjutnya saya ngajar kelas 1 lagi, namun karena jadwal sekolah mereka sudah selesai jadi saya batal ngajar, dan hanya melihat teman-teman saya yang lagi ngajar.
Selesai acara, setelah mengucapkan perpisahan dengan murid dan guru, saya mendapat kejutan. Beberapa anak SD meminta saya foto bareng mereka, dan spesialnya hanya saya yang diminta ui hahaha.

Selesai perpisahan, saya dan teman-teman pergi ke kodim untuk acara refreshing dan makan siang. Agak seru juga, banyak game, foto-foto narsis dan lainnya. Sayang saya harus pulang duluan karena ada acara... terima kasih buat tim inspirasi ...semoga bisa melakukan kegiatan ini lagi

Komentar