Canopy bridge at bukit bengkirai

Perjalan sebelumnya dari Pantai Samboja menuju bukit bengkirai...

Untuk ke Bukit Bengkirai sebetulnya gampang-gampang susah, gampangnya cukup mudah rute jalannya dan susahnya jalannya yang masih rusak. Bukit Bengkirai terletak di pertigaan jalan Balikpapan- Samarinda (sekitar 58 km dari Balikapapan)). Karena posisinya lebih dekat dengan Balikpapan, orang sering mengira bukit bengkirai tempat wisata Balikpapan. Padahal secara administrasi, Bukit Bengkirai terletak dibawah naungan Kutai Kartanegara. Bukit Bengkirai sendiri merupakan salah satu kawasan hutan hujan tropis yang masih tersisa dengan luas sekitar 510 Ha.


Kami tiba di Bukit Bengkirai sekitar pukul 10.00, kemudian kami parkir kendaraan dan menuju rumah lamin yang merupakan tempat informasi dan penjualan tiket. Pada umumnya bagi wisatawan yang berkunjung ke bukit bengkirai tak lain bertujuan menaikki canopy bridge. Canopy bridge sendiri adalah jembatan gantung yang terletak anatara pohon bengkirai dengan ketinggian sekitar 30 m dari permukaan tanah. Untuk mencoba naik canopy bridge kita mesti merogeh kocek Rp25.000,-/orang dan tiket masuk Rp. 6.000,-/orang belum termasuk parkir kendaraan.
Untuk ke lokasi Canopy bridge kita mesti melalui berapa track yang (untung) sudah dibuat semudah mungkin untuk semua kalangan lewati. Kondisi hutan  juga sunggu bersih, hampir tidak terlihat sampah sama sekali disaat kita menjelajahi track hutan tersebut. Ketika tiba di lokasi Canopy bridge, kami segera naik ke atas melalui menara pintu masuk. Di puncak menara rasa kagum melihat pemandangan yang membantang membuat saya dan  mungkin teman-teman terpesona.


Puas Bermain di Canopy bridge kami lanjutkan perjalanan mengitari track bukit bengkirai yang ditunjuki peta denah area. Tidak terlalu banyak yang menarik untuk dilihat, kebun buah hutan tidak ada yang berbuah, taman anggrek juga terasa sepi tanpa warna (bunga), dan area lainnya masih biasa. Mungkin pengelola lebih fokus ke Canopy bridge sebagai tujuan wisata, sehingga area lain tidak terlalu direncankan. Puas jelajah bukit bengkirai kita istirahat sebentar di playground dan sebagian ke mushallah buat shalat dzuhur.

Selesai istirahat sebentar tujuan kita berikutnya adalah Batu dinding...

Komentar