Togean island again, Sulawesi Tengah

Setelah menikmati hari ketiga dengan trip berbagai spot di togean, kami kembali ke resort pada sore harinya hingga menjelang malam. Selama perjalanan pulang ini yang keren... >_<b kita dapat menikmati indahnya sunset yang membuat kita makin terpesona dengan keindahan Togean. Suasana tampak tenang di atas perahu yang menjadi transportasi kami keliling togean, hanya suara mesin dan deru ombak jadi kebisingan. Di atas perahu kami hanya saling berguman kagum atas keindahan yang kami saksikan hari itu.... hingga kami akhirnya sampai di resort kami tercinta untuk beristirahat sambil mimpi indah.

Sunset photo by setyo
Hari keempat (Barakuda Beach)
Di hari ini kami sempat binggung apa yang harus kami lakukan, soalnya masih banyak pilihan paket tur yang bisa kami nikmatin, membuat kami sedikit bingung menentukan pilihan. Berdiskusi dengan owner resort kami disarankan ke barakuda beach dan itu free kita hanya perlu sedikit tracking ke belakang resort melewati perkebunan. Yang menarik disini kita mendapat pemandu yang sangat berbeda, yaitu seekor anjing (ini bukan umpatan yah) hahahahhaa. Anjing yang bernama luka ini merupakan anjing campuran jenis husky dengan anjing lokal, dan anjing ini sangat pintar. Dia sangat setia menjadi pemandu kami menuju pantai, dan juga setia menunggu kami yang bersenang-senang di pantai. Pemandu kami tidak hanya 1 saja, melainkan sepasang, anjing satunya berwarna putih dan seekor betina yang mungkin "pacar" si Luka.

Perjalanan ke lokasi melalui banyak dakian  dan kebun bernuansa hutan (?) yah karena hutan dan kebun ini tergabung menjadi satu bagian. Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit dengan berjalan kaki, cukup jauh tapi tetap menghibur. Perjalanan tersebut cukup melelahkan juga, apalagi terbatasnya persediaan bekal kami saat itu.

Saat tiba di pantai barakuda, kami melihat beberapa nelayan sedang istirahat di pinggir pantai tersebut, namun selain mereka tidak ada pengunjung lain, you know why i like this place? karena seperti liburan dipulau pribadi. Pantai itu sendiri berbentuk cekungan dengan sisi kanan kiri terdapat batu karang. Kami menuju sisi kanan pantai,karena sisi kiri saat itu terdapat nelayan istirahat. Kami menemukan spot yang menarik di atas batu karang yang ber"duri" dengan view yang sangat menarik menghadap batu karang lain. Awalnya kami ingin berenang di pantai tersebut, namun saat kami melihat ke laut terdapat ubur-ubur transparan yang mungkin dapat menyengat, jadi kami urung berenang, konon ubur-ubur transparan mempunyai bisa. Jadi endingnya kami hanya sekedar berfoto-foto di sekitar pantai, kecuali teman saya Aldhi yang masih nekat berenang hehehhehe. Selesai puas foto-foto  kami kembali ke resort dan snorkling di sekitar resort saja hingga menjelang magrib...ah lelahnya...sebagai hiburan sebelum balik ke kota.

Hari Kelima (menuju Palu)
Kami mesti bangun pagi-pagi, karena jadwal keberangkatan feri cukup pagi. Jadi perjalanan balik dimulai pukul 8.00 pagi dari kadidiri menuju wakai, karena sekali lagi kami mesti mengejar kapal feri yang berangkat jam 10.00 menuju ampana. Di wakai berbeda dengan Ampana, kita mesti beli tiket langsung di dalam kapalnya dan kali ini kita telat, jadi kita tidak kebagian tempat dan hanya dapat duduk di kursi selesar kapal hehehhe. Oh iya karena kita pagi hari berangkat,kita semua belum sarapan namun tenang di kapal banyak hilir mudik penjual makanan dan saya pun membeli nasi cumi-cumi masak hitam (tinta). Namun makan di kapal ini cukup merepotkan apalagi dengan tintanya yang membuat saya belepotan tinta, karena wadah makan yang kecil dan mesti makan tanpa meja. Perjalanan seperti biasa memakan waktu 3-4 jam dan kali ini saya tidak bisa tertidur karena kita duduk di kursi, kegiatan saya hanyalah ngobrol dengan teman atau menuju dek kapal sekedar melihat-lihat.

Di Pelabuhan ampana, kita disambut ibu A (maaf saya lupa nama ibunya) yang telah menunggu kedatangan kami. Untuk info sebelumnya ibu A adalah orang yang bisa dikatakan menjadi tour information kami dan menyediakan apa yang kami butuhkan selama perjalanan ini. Dan saat berangkat beliaulah yang membantu perjalanan kami dan juga saat pulang, membantu kami mencari travel ke Palu. Sebelum kami berangkat ke palu, kami mencari makan siang terlebih dahulu di sekitar pasar. Karena saya sudah makan sebelumnya, saya hanya memesan es campur khas sana. Btw es campur disini menggunakan kacang tanah, agak aneh menurutku namun ternyata enak juga, kacang memberi ekstra garing dianatara kelembutan es nya hahahah. Selesai makan kita membeli bekal untuk perjalanan darat yang cukup jauh ini, kemudian setelah itu barulah kami kembali ke pelabuhan untuk menunggu jemputan kami.

Sekitar jam 4 an mobil jemputan kami tiba, dan kami sudah siap dan siap mengantar kami. Ternyata walau sudah di jemput, perjalanan kami belum dimulai, kami kembali berhenti di sebuah "markas" travel tersebut untuk mengurus ijin dan pergantian supir. Di waktu tersebut saya kembali membeli makanan untuk cemilan di jalan, disini saya menemukan snack tradisional seperti lemper, cuma biasanya lemper isinya suiran ayam namun kali ini isinya ikan dan namanya lelempa (jangan sebut lemper karena mereka bakal bingung). Selesai "shoping", kami kembali dan travel telah siap berangkat ke Palu.. dan perjalanan ke Palu pun dimulai dan kami tiba di palu sekitar jam 3 dini hari esoknya. Selama perjalanan itu kami berhenti  di rumah makan untuk makan malam, dan sempat kena rajia polisi (KTP) atau berhenti karena urusan lainnya....

Note
- Kapal feri hanya ada 1 hari sekali, jadi mesti buru-buru ngejar, baik saat berangkat maupun pulang
- Jika  enggan pulang pagi hari anda bisa menyewa kapal hercules, namun biayanya lebih mahal
- Sediakan uang tunai, karena disana  tidak ada mesin ATM
- untuk snack atau minuman kemasan kita dapat membelinya di pulau lain saat kita trip
- terima kasih pada Pak Aslan selaku owner resort kadidiri paradise dan menjadi pemandu kami disana
- terima kasih  pada ibu A yang menjadi information guide kami
- terima kasih pada pak Kapten yang meu menampung kami di ruang nahkoda