Air terjun berambai, wisata alam pinggir Samarinda

Kota Samarinda adalah ibu kota kaltim yang di klaim tidak memiliki lokasi atau tempat liburan bernuansa alam layakanya kota lain di kaltim. Padahal, Samarinda banyak potensi wisata alama yang cukup mempesona, walau bukan terbaik di Kaltim namun tetap bisa menjadi lokasi yang bisa dikunjungi oleh warga lokal atau luar kota Samarinda. Nah salah satu yang menurut saya layak adalah Air Terjun Berambai yang terletak di sempaja Ujung (Batu Besaung), dimana tempat ini sering juga menjadi camping ground buat warga yang menyukai kemping namun terbatas oleh waktu.


Untuk ke lokasi sebenarnya cukup mudah, saya pernah membahas Puncak Samarinda di artikel yang lain. Jadi kita melewati Jl. Wahid Hasyim II dan tinggal ikuti jalan yang saat itu sudah lebih baik dari sebelumnya walau masih banyak yang rusak. Kali ini saya ke lokais bersama adek saya Yudha dan sahabat saya Naka, yup cukup bertiga saja untuk jalan-jalan. Untuk Kelokasi saya memerlukan waktu sekitar 40-45 menit dengan kecepatan standar. Kita akan melihat plank penunjuk jalan yang menginfokan lokasi air terjun. Nah disini kita bisa melihat rumah warga yang menjadi tempat parkir kendaraan buat yang mau camping, biayanya cukup 5rb/motor atau 10rb/motor. Kalo ga kemping tinggal masuk saja hingga jalan setapak, karena saya dan teman-teman awalnya tidak tau kendaraan bisa masuk, jadi kami parkir di tempat parkir.


Dari jalan poros, kita jalan kaki masuk ke area kelapa sawit, kita berjalan kaki berapa menit saja hingga ketemu jalan setapak masuk hutan. Untuk ke air terjun tidak sulit, hanya berjarak berapa puluh meter kita sampai ke Air Terjun pertama. Karena kita ingin ke lokasi yang lebih jauh yaitu air terjun yang lain, jadi kami menyusuri yang lebih jauh terlebih dahulu. Mengikuti jalan di samping aliran air kali, kami sampai disebuah tempat yang menjadi area kemping, dan kami sampai ke tempat air terjun ketiga (walau agak ragu kami, benerkah ini air terjun ketiga?). Disini air terjun tidak terlalu tampak, hanya seperti aliran air dari"dinding" batu kecil, mungkin karena masih belum terlalu deras airnya ga terlalu tampak seperti air terjun hahahha. Di Lokasi ini kami mencoba merendamkan diri dan bermain layaknya bocah kota yang tidak pernah bermain air.


Puas bermain diair terjun ketiga kita kembali lagi ke air terjun kedua, yang konon merupakan air terjun paling bagus diantara air terjun lainnya di Berambai. Yup menurut saya air terjun kedua lebih bagus daripada yang ketiga, karena kali ini air terjunnya cukup tinggi sekitar 4-5 meter dan bertingkat, jadi cukup terlihat cantik, apalagi disekitar air terjun terdapat dinding alami yang semakin mengesankan kealamian air terjun. Sebetulnya target kami air terjun kedua ini, hanya kita skip dulu tadi karena disini masih banyak pengunjung dan setelah kita selesai dari air terjun ke tiga ternyata pengunjungnya masih ada hehhehe. Disini cebur-cebur lagi dan tidak lupa juga atraksi lompat indah gaya batu saya pertunjukan, tapi tetap hati-hati, banyak titik yang dangkal.


Selanjutnya kita ke air terjun pertama, awalnya teman teman saya agak malas ke lokasi, namun saya memaksa kesana sekedar buat foto-foto saja. Pas sudah di lokasi ternyata Tidak ada pengunjung sama sekali, teman-teman malah langsung mandi lagi, serasa air terjun pribadi kata mereka.Yah saya sih sibuk gantu baju dialam bebas dan kemudian berfoto-foto layaknya model hahaha.


Oke sekitar jam 2 siang kami selesai, dan siap-siap kembali pulang ke kota... terima kasih atas kunjungannya yah....

 

Komentar