Kampung Bali di Tanah Kutai ?

ARGHHHHHHHHH lamanya saya tidak nulis blog, boro boro nulis blog buat ngetrip aja hampir ga ada waktu. Efek dari kerjaan kantor yang menuju deadline dan kegiatan event buat PB saya bikin emosi Jiwa dan lelahnya mental ini (lebay banget dah). Dan sekarang saya sedikit mencuri waktu diantara kesibukan kantor yang bikin saya stress hanya untuk menulis artikel  di blog saya. Nah karena lama saya gak ngetrip, jadi saya agak bingung mau nulis apa. Saya cek album foto di HP saya, dan ternyata ada yang belum saya publikasikan, yaitu Kampung Bali. Nah loh? ada kampung Bali di Kaltim? kok bisa? Konon warga disini merupakan warga transmigrasi dari Bali, selain itu juga konon Goa Batu gelap (sudah saya ceritakan di trip saya sebelumnya) menjadi asal mula kampung Bali ini. Tapi saya tidak pastinya juga, soalnya saya kesana cuma numpang lewat.


Kok bisa saya sampai sini yah? awalnya saya kan ngetrip ke Goa Batu Gelap di Separe Besar. Nah ternyata ketika menuju kesana kita melewati kampung Bali ini. Kampung Bali ini cukup terlihat karena terdapat bangunan menyerupai candi/pura kecil (kurang tau namanya) dan mungkin untuk ibadah mereka. Nah ornamen pura ini menjadi menarik perhatian pejalan yang melintasi kampung ini, apalagi acil yang saya bonceng ketika melihat hal itu, maunya minta turun dan berfoto disana. Yah saya sih bilang pas pulang aja, karena saat itu tujuan kita ke Goa Batu gelap.
Nah selesai dari Goa, kita ke kembali melintasi kampung bali dan melihat sebuah papan penunjuk arah menuju pura Pasupati. Nah karena si Acil pengen berfoto, saya ajak langsung ke lokasi pura tersebut melalui sebuah jalan kampung. Tidak terlalu sulit menuju lokasi, hanya saja saat kita tiba disana sudah pukul 5 sore dan suasana pura tampak sepi.

Karena terlalu sepi saya dan teman-teman agak ragu untuk masuk ke dalam, namun lagi-lagi si Acil main masuk saja ke Pura. Walau tempat tersebut mungkin buat umum, tapi kan pasti ada aturan adat/agama yang mesti kita patuhi. Karena itu beberapa teman saya hanya berfoto dari jauh pura, sedangkan saya sedikit berani untuk masuk ke halaman pura, dan foto dalam pura dari sisi luar.

Secara kasat mata orang awam yang tidak pernah ke Bali agak menarik juga melihat suasana Pura, suasana yang berbeda dengan lingkungan kaltim pada umumnya. Sayang karena sore dan waktu semakin malam, kami hanya sebentar di lokasi..

Bagaimana Menuju Lokasinya ?
Dari arah samarinda menuju pertigaan Tenggarong, Belok kanan menuju kawasan L. Dan ikuti jalan saja, kalian akan tau ketika kalian sampai ke Kampung Bali karena ornamen-ornamen Pura yang tampak  jelas.

Komentar