Makanan Khas Kaltim

Kalo saya perhatikan, makanan kaltim ini banyak  menu yang berasal dari ciri khas melayu dengan khas santan (kuah). Namun ada juga berebagai menu yang merupakan fusion dari masakan berbagai daerah yang kemudian menjadi khas daerah kaltim. Nah apakah itu?? ini menurut saya berdasarkan pengamatan saya...

1. Payau
Payau adalaha makanan khas kaltim yaitu berupa daging rusa. Namun karena semakin langka dan adanya UU yang melarang memburu rusa, maka makanan ini sangat langka dan tidak dijual bebas. biasanya dapat kita temuin di perayaan-perayaan atau festival di kaltim. Payau mempunyai tekstur yang lembut daripada daging sapi, biasanya diolah dengan tradisional seperti di sate, di pepes, di masak pedas dan lain-lain.

Sate Payau




2.Nasi Kuning khas Samarinda
Kenapa khas? karena nasi kuning disini merupakan perpaduan nasi kuning banjar dan jawa. Nasi kuning dengan lauk sambal habang khas banjar ditambah serundeng+mie +kerik tempe khas jawa menjadikan nasi kuning ini lebih spesial.

nasi kuning
3. Pisang Gapit
Pisang yang dibuat dengan cara di jepit dan di panggang dan ditaburi bumbu gula merah cair menjadikan cemilan ini banyak peminatnya. saat ini, pisang gapit sudah dipadu dengan keju atau durian puree.

Pisang gapit
4. Sanggar
Merupakan jenis gorengan yang terbuat dari pisang jenis sanggar dan tepung beras. yang menjadi khasnya adalah sambal sebagai cocolan, agak mirip dengan di sulawesi namun disini cocolannya menggunakan bumbu kacang. selain itu ada namanya sanggar tiwadak, mirip sanggar pisang cuma pisang diganti dengan cempedak.

sanggar dan bumbu kacang

sanggar tiwadak
5.Ayam gepuk Sambal Kemangi
Saya sangat heran ada yang menamakan ayam gepuk khas ponorogo atau lainnya. Padahal saat saya kuliah di jawa, tidak ada namanya ayam gepuk, yang ada ayam penyet. dan itu salah, karena ayam gepuk menggunakan sambal Kemangi yang sangat terasa khas kemanginya dan ayam di gepuk hingga tulangnnya yang hancur. jadi saat makan rasa lembut ayam dan segarnya sambal sangat terasa.

ayam gepuk
6. Untuk-untuk dan untuk panjang
untuk-untuk adalah kue yang menyerupai donat tapi tanpa lobang dan berbentuk bulat yang berisi kacang ijo atau inti (kelapa dikasih gula merah) dan untuk panjang  berisi pisang.

untuk-untuk
7. bingka
hampir semua daerah melayu mempunya jajanan bernama bingka, namun banyak jensinya. salah satu jenis bingka yang populer adalah amparan tatak, kue santan putih dengan potongan pisang.


amparan tatak
8. Bubur Ayam samarinda
Bubur ayam disini sangat berkuah kaldu, dengan suiran ayam, tomat dan sayuran lainnya. rasanya jelas sungguh nikmat, apalagi dimakan saat dingin.


9. Amplang
Cemilan khas kalimantan ini sering menjadi oleh-oleh buat mereka yang telah mengunjungi kaltim. terbuat dari tepung dan ikan ini sering juga disebut kerupuk kuku macan. rasanya gurih dan cocok buat cemilan sore atau dijadikan pendamping makan.

Dan banyak lagi yang mempunyai kemiripan dengan menu kalimantan lainnya. ayam cincane dan nasi bakepor mau saya masukkan, tapi karena belum mencoba. jadi ntar dulu hahaha

Komentar