Makanan sunda di tanah kutai

Hari itu, saya ada urusan ke Tenggarong dan entah kenapa saat itu saya ingin menggunakan penyebrangan fery bukan pakai ketinting (kapal kecil bermesin). Bukan karena gratis tapi rasa pengen yang tiba-tiba, walau menunggu lama ngantri. Setelah menyebrang ke kota tenggarong, saya melintasi sebuah spanduk bertuliskan rumah makan sunda bernama kanteen kirana. Melihat hal itu jiwa kuliner saya ingin mencicipinya, hmmm pasti enak kayanya. Namun saya mesti nyelesaikan urusan tempat teman saya itu.

Setelah urusan selesai, teman saya ngajak makan siang yang memang waktunya buat makan siang. Mengingat rumah makan yang saya lintasi, saya ajak teman saya kesana yang memang belum pernah kesana juga.



Sampai di lokasi, tampak warung yang sederhana, namuan memiliki beragam menu yang belum saya coba. Pilihan saya jatuh pada nasi bakar bandung dan sate maranggi, kebetulan kelihatannya nasi bakarnya beda dengan saya makan dan juga satenya belum pernah coba.

Sekitar 15 menit, makanan kami telah siap buat disajikan dan siap buat kami makan. Nasi bakar bandung ini terdiri dari nasi bakar (menurut saya seperti nasi oncom dibakar), tahu temape, ayam bakar, lalapan, empal gepuk. Porsi nasi bakarnya cukup besar, kalo makan pasti bikin kenyang hahahaha. Untuk rasanya yah saya bisa katakan cukup memuaskan dah.... sipp lah 2 dari 3 bintang. nasinya gurih, ayamnya empuk, tempenya renyah, tahunya berbumbu dan empalnya yang empukkk siiip. Untuk satenya, wah ini favorit saya enak banget dah  bumbu kecapnya dan satenya berbaur menjadi rasa yang manis gurih dan enak banget. Daging sapinya juga cukup mudah dimakan, lumayan lembut dan terdiri dari 8 tusuk sate. Jujur karena belum makan sate ini, saya belum bisa membandingkan, tapi bagi saya rasanya enak dah. kalo bilang ini masih belum enak, saya ingin nyicipin sate aslinya dari asalnya hehehe..... Pokonya puas dah, sampai susah bergerak untuk pulang.


Sate Maranggi (Rp. 25.000,-)
Nasi Bakar Bandung (Rp. 30.000,-)

Coffe Capuchino (Rp. 6.000,-)


Komentar

Posting Komentar