Jum'at di Islamic Centre

Islamic centre adalah sebuah kawasan yang menjadi Icon umat muslim di Samarinda. Lokasinya yang strategis dan tepat di seberang tepian ini membuat pengunjung mudah mengunjunginya. Islamic Centre sendiri terbagi beberapa area, seperti pendidikan, kantor, rumah tinggal dan tempat ibadah. Arsitekturnya yang terinspirasi dengan masjid Nabawi di Madinah, membuat kita yang mengunjungi masjid tersebut sperti bukan berada di Indonesia. Maka tak heran banyak pengunjung mengabadikan foto-foto dengan latar belakang masjid tersebut. Suasananya yang nyaman juga membuat orang betah berlama-lama disana dan beristirahat. Disana pula terdapat Menara setinggi 99 meter yang dapat kita naikki dan memandang indahnya kota samarinda. Tidak heran tempat ini menjadi salah satau tempat wisata dari luar kota juga, dan tidak hanya umat muslim yang datang kesini, namun umat non muslim juga datang untuk melihat-lihat.

Area Pakir di semi basement



Selasar menuju tempat shalat

Yup kenapa saya membawa kisah ini, karena hari jum'at ini saya kembali melaksanakan Shalat jum'at disini. Padahal dari tempat kerja saya cukup jauh untuk ke masjid ini, namun karena sudah terbiasa Shalat disini saya tidak bisa lepas. Hari itu (4-4-2014) masjid cukup padat tidak seperti biasa, orang-orang terus berdatangan keluar masuk dari tempat wudhu kemudian naik ke lantai 2 untuk bersiap-siap menunaikan ibadah Jum'atan.




Tempat wudhu outdoor

Tempat Wudhu Indoor + Toilet
Selesai Khotbah,  kita kemudian melaksanakan shalat Jum'at 2 rakaat. Yang menarik adalah mereka pada berdiri jauh dari shaft depan, tanpa berniat mendekati shaft depan. Entah apa mereka tidak tahu atau pura-pura tidak tahu akan hukum berjamaah. Yah sungguh disayangkan masjid megah dan luar biasa ini kurang dipahami sebagian umat muslim dalam menjalankan ibadahnya.


Sisi luar area Shalat

Sisi Dalam Area Shalat

Tangga Menuju Area Shalat
Yah bagi siapapun yang hendak berkunjung kesini, silahkan tidak dipungut biaya apapun kecuali jika ingin menaiiki menara. Selamat bersenang-senang.





Komentar