wisata kota samarinda

Samarinda itu membosankan?? yah mungkin bagi warga samarinda sih iya juga, itu bisa terjadi karena setiap hari di kota tersebut dan kuliner itu-itu saja. Kali ini saya memberi tips wisata kota, yang mungkin dapat digunakan sebagai panduan warga Samarinda atau pengunjung yang ingin ke Samarinda.


Ok untuk warga luar anda bisa ke Samarinda  memlalui perjalanan dari Balikpapan (Bandara Sepinggan) melalui darat selama 2 jam. Anda bisa menggunakan taxi argo, taxi gelap, atau taxi travel dan kalo ingin lebih murah bisa menggunakan bis namun mesti ke terminal dahulu. Perjalanan agak berkelok-kelok namun anda akan disuguhi keindahan alam kaltim namun juga menemukan perusakan alam (pembukaan lahan).



Sarapan...
Anda bisa menikmati.. sarapan khas kalimantan... seperti nasi kuning, buras, ketupat kandangan dan aneka jajanan pasar seperti untuk-untuk, bingka kentang, roti pisang dan lainnya.

Nasi kuning dengan lauk masak habang (bumbu bali) dan toping lainnya bisa anda dapatkan dimana saja. Buras, sejenis lontong cuma tidak memanjang dan biasanya ditemanin opor  atau bumbu kacang, biasanya juga ditambah lauk masak bali, biasanya anda dapat membelinya di pasar. Untuk ketupat Kandangan anda bisa membeli di warung-warung khusus, anda dapat menemukan di jl. antasari, suryanata, Lambung mangkurat dan lainnya. Bubur ayam samarinda bisa menjadi pilihan yang menarik juga buat disantap pagi hari.


Selain sarapan khas Kaltim anda juga bisa makan sarapan seperti nasi pecel, soto banjar, soto lamongan atau menu lainnya. Karena di Kaltim banyak rumah makan yang telah buka di pagi hari, adi tidaklah terlalu repot mencari sarapan.

Setelah Sarapan....
sumber
Selesai sarapan anda bisa mengunjungi wisata alam di daerah tanah merah (jaraknya sekitar 30-45 menit perjalanan dari pusat kota). Untuk kelokasi ini anda mesti menggunakan kendaraan sendiri atau bisa mencarter mobil dengan supir atau tanpa supir. Di tanah merah ini anda bisa menikmati KRUS (kebun Raya Unmul Samarinda), yaitu sebuah taman yang dikelolah untuk dinikmati keluarga. Disana terdapat kebun binatang mini, pemancingan, sepeda bebek dan fasilitas lainnya sambil menikmati alam. Tidak jauh dari sana terdapat lembah hijau, sebuah area rekreasi keluarga bertema outbond. Bagi yang ingin melihat air terjun, anda dapat mengunjungi air terjun tanah merah yang cukup menghibur. Puas dengan wisata alam anda bisa wisata budaya desa pampang, desa dayak dimana anda bisa melihat kehidupan masyarakat Dayak. Jika anda datang pada hari Minggu anda bisa menikmati kesenian tari masyarakat Dayak. Atau anda ingin berekreasi menghilangankan penat dengan berenang, anda dapat menikmati Junggle water world , yaitu sebuah water park di tengah alam yang bersih dari suara gemuruh kota.


Makan Siang...
Tidak terlalu repot untuk mencari tempat makan siang, dari makanan padang, Jawa hingga sulawesi bisa didapat. Namun tidak ada salahnya anda makan siang di masakan kutai yang terdapat di jl. Kadrie Oening yang tentu menambah bendahara kuliner anda. Atau anda ingin mencicipin Ayam goreng Banjar di Jl. KH. Agus Salim yang rasanya sangat fenomenal bagi masyarakat Samarinda sendiri. Anda bisa juga mencicipin ayam gepuk di KS. Tubun yang mirip dengan ayam penyet namun lebih "hancur" hingga tulang dan menggunakan Sambal ijo kemangi yang seger.



 

Setelah makan Siang... 
sumber
Ingin Shalat sekalian wisata, anda bisa wisata religi di Islamic Center, yaitu sebuah Masjid yang begitu megah berdiri di tengah kota. Anda dapat menaiki menara masjid dan dapat menikmati kota Samarinda dari puncak tertinggi. Ingin mempelajari sejarah, anda dapat mengunjungi Masjid tertua di samarinda yang terletak di Samarinda seberang dengan arsitektur yang terjaga.

Sorenya... 

Anda Bisa berbelanja souvenir Kaltim di Citra niaga yang sangat nyaman dikunjungin. Anda bisa membeli kerajinan manik, kaos hingga pajangan yang bisa anda jadikan oleh-oleh atau kenangan buat pribadi. Selesai berbelanja anda dapat menikmati jajanan khas samarinda yaitu  Pisang gapit, yaitu pisang bakar dengan saus gula merah. Anda juga dapat menikmati gorengan dengan bumbu kacang kas samarinda.


Makan Malam...
sumber
Anda bisa menikmati sajian kepiting yang terkenal di Pondok Borneo dengan kepiting asapnya atau kepiting asam manis di harry crab. Atau mau mencoba suasana baru dengan makan nasi kuning Ijai di wisata kuliner nasi kuning. Atau sederhananya ingin mencoba nasi mawut (nasi&mi goreng) atau mie goreng yang bebreda dengan di jawa pada umumnya.






Selesai makan malam...
Anda bisa menikmati indahnya sungai di Tepian mahakam, dan dengan lampion-lampion membuat suasana malam menjadi romantis.
sumber

NB:
- Jangan lupa membeli elai (durian kecil berwarna orange) yang wanginya tak setajam durian
- Amplang adalah jajanan khas kaltim yang terbuat dari ikan
- Anda dapat keliling Samarinda menggunakan angkot (beda warna beda rute)
- Untuk menikmati semua ini anda membutuhkan beberapa hari.
- Hotel atau guest house sudah cukup banyak di Samarinda dr melati hingga berbintang



Komentar