Prevab Mentoko.. dan Orang Utan


Sebagai penghuni baru di wilayah kutim, mencari informasi objek wisata di kutim menjadi hal wajib yang mesti dilakukan. Apalagi Kutim memiliki luas wilayah yang membantang dengan berbagi 18 kecamatan yang menyebar di Kutim. Dan di setiap wilayah Kecamatan memiliki berbagai objek wisata yang bisa dikunjungi. Untuk di Ibukota kabupaten Kutim, Sangatta sendiri memiliki objek wisata yang menjadi pilihan yang menarik. Prevab Mentoko, sebuah kawasan wisata alam yang terletak di pinggiran kota Sangatta.

The Team

Jalan di kampung jawa after rain
Untuk Kesana cukup mudah, dari arah kota Sangatta kita hanya pergi ke Jl. Kabo Raya, kemudian menuju Jl. Papa Charlie. Untuk Jalur resminya kita dapat berhenti di pinggiran sungai (dibelakang kantor pengelolaan PDAM), dan mencarter kapal untuk menuju prevab. Namun saya sendiri tidak melalui jalur tersebut, saya dan teman-teman melalu jalur Ilegal (kata teman saya) yaitu kampung Jawa, karena lokasi penyebrangan tidak terlalu jauh jaraknya dengan prevab. Berbeda dengan jalur Resmi yang membutuhkan waktu 20-30 menit untuk mengarungi sungai, dan tiba di prevab.

Oh iya sebelumnya saya berangkat kesini, karena dapat ajakan dari teman saya yang berencana kesana bersama teman kantornya. Karena saya sudah lama pingin ke lokasi, dan hampir setahun hanya menjadi wacana, membuat saya tidak tunggu lama untuk menerima tawaran ke prevab. Dan ternyata saat bertemu, rekan kerja teman saya semua wanita, dan prianya hanya saya, teman kost saya dan teman saya yang mengajak gabung ^o^ , jadi total semua 3 laki-laki dan 7 wanita.

Sempat terancam gagal ke lokasi akibat hujan, namun berakhir lumayan cerah walau masih berawan dan itu wajib disyukuri oleh saya hahahah. Tapi akibat hujan tersebut jalur ke kampung jawa sangat menantang, dengan kondisi lumpur dan licin.. so far membuat kita berlenggak lenggok mengendarain tunggangan roda dua kita. Memakan waktu perjalanan sekitar 20 menit, cukup memakan waktu akibat kondisi jalan yang lumayan licin -o-. Sampai di lokasi kita parkir motor disamping perkebunan orang, dan mulai menuruni jalan setapak, menuju kapal penyebrangan. Dengan menggunakan kapal dayung, yang bikin kita fokus pada keseimbangan kita... gila goyang-goyang si kapal, apalagi kondisi sungai di sangatta yang konon banyak pemangsa hahahha.

Di pintu gerbang Prevab, kita akan melalui pedestrian kecil menggunakan papan kayu, yang mengarahkan kita ke bangunan pengelola. Sampai diujuk jalan, kita sudah disambut guide, dan beliau segera mengajak kita untuk keliling prevab. Untuk info, sebelum kesini teman sudah pesan guide... jadi buat semua yang mau kesini wajib mengkonfirmasi ke pengurus prevab, karena mereka tidak setiap saat stand by, apalagi mungkin mereka sedang memandu wisatawan lain.

Perjalanan kita mengeliling hutan, dan mencari orang utan yang jadi legenda prevab, cos ga semua beruntung dapat menyaksikan orang utan. beruntung kami bisa menemukan.. sayang photo kami kurang jelas, akibat mereka bergantungan di pohon yang tinggi. so far, untuk mengetahui kondisi dalam hutan yang bersih jauh dari sampah, bisa melihat dokumentasi dibawah ini...





Gedung serbaguna, enjoy your life

Lokasi: Prevab Mentoko, Sangatta, Kutai Timur
Cost : Rp.30.000,-/orang (include penyebrangan dan guide dengan peserta 10 orang)

Komentar