Togean Island, Sulawesi tengah

Photo by setyo
Di postingan sebelumnya saya menceritakan perjalanan saya hingga ke togean ini, selanjutnya saya akan bahas apa saja yang kami lakukan disana. Setelah dari wakai kami menunggu jemputan dari resort tempat tinggal sementara kami di togean yaitu kadidiri paradise. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit-1 jam. Selama perjalanan kami menikmati panorama yang bisa dibilang Amazing banget dah, dari vegetasi laut, laut yang hijau dan kadang kita banyak melihat bule bule yang sedang snorekling dengan pakaian sexy nya wkwkwkkw.

Kamar mandi dalam
Kamar mandi luar
Saat kapal yang kami tumpangi hendak berlabuh di bibir pantai, kami terpukau oleh gugusan karang yang tampak jelas terlihat dari permukaan laut. Kondisi demikian membuat kami tidak sabar lagi untuk segera berendam dan menikmati alam bawah laut. Oh iya untuk resort kami bertetanggaan dengan 2 resort lain, resort kami terletak paling ujung dan terlihat paling sederhana dibanding resort yang lain. Di resort kami terdapat 2 pilihan tipe kamar yaitu, kamar dengan kamar mandi di luar (bersama) dan kamar mandi dalam. Kami berempat memilih kamar mandi di luar dan 4 empat kami lainnya lebih memeilih kamar mandi dalam. Di resort kami terdapat 1 ruang makan /ruang kumpul yang menjadi tempat kita berkumpul buat makan atau bermain game. Untuk Fasilitas listrik hanya ada saat jam 17.00 s/d 24.00, jaringan bisa dibilang susah didapat dan biaya inap sudah termasuk makan 3 kali sehari. Di setiap resort ada macam-macam paket wisata, dari yang setengah hari hingga 1 hari full day. Dan paket ini yang kita gunakan untuk tur wisata kita nanti.

Resort Bergaya rumah panggung
Hari kedua (tiba di resort)
Tidak banyak yang kita lakukan, kecuali snorkling di sekitar pantai resort pada sore harinya. Hati-hati di sekitar tempat tersebut banyak terdapat bulu babi dan ular laut, jadi tetap waspada yah. Gila keren banget suasana bawah laut.. banyak terumbu karang dan jenis biota lautnya, ga rugi jauh-jauh kesini. Selesai snorkling kami kembali membersihkan diri dan bersiap-siap untuk makan malam di ruang makan. Selesai makan kita berdiskusi untuk menentukan paket tur yang akan kita gunakan esok hari. Dan keputusan kami jatuh pada paket tur full days pulau Malange (malange trip). Dan selesai mengambil kesepakatan waktu mulainya dengan pemilik resort, kami berniat jalan-jalan di pantai dan menjelajahi resort tetangga. Dan disana Kami menjelajahi ditemani anjing penjaga pemilik resort kami sebagai pemandu, seru eh. Selesai jelajah dan foto kami kembali ke ruang makan dan bermain kartu, hingga waktu kami tidur.

Other resort photo by Setyo


Hari Ketiga (Malange Trip)
Tujuan pertama - adalah Callifornia, sebuah tempat snorkling yang menjadi spot buat teman-teman yang ingin snorkling.karena terletak di laut lepas, dan terbentang luas gugusan karang. recomended la!!!


Tujuan kedua - Pulau papan, pulau yang terletak ditengah laut yang terdapat karang besar dan dikelilingi jembatan kayu yang sangat panjang dan terhubung ke pulau malange. Alasan kita kesini karena iconic buat foto-foto  hehhehehe


Tujuan ketiga - Pulau bolilanga, merupakan pulau dari resort lain, namun resort disini sungguh cantik karena dihimpit oleh laut (depan belakang). Disini sebagian dari kami tetap snorkling, namun saya lebih memilih menikmati suasan pantai dari daratan.

Tujuan keempat -  Danau Ubur-ubur, seperti di kaltim disini ada ubur ubur tanpa sengat, kami snorkling lagi namun sayang tidak seperti di kaltim, ubur-ubur disini susah ditemukan, malah teman kami bertemu dengan barakuda dan malah membuat kami jadi angkat kaki dari danau tersebut.

(maaf dokumentasi lupa saya upload)

Tujuan kelima -  Panatai Marionang, seperti pantai pada umumnya dan terletak di samping gerbang masuk ke danau ubur-ubur. Tampaknya pantai tersebut merupakan tempat kemping beberapa orang, tampak sisa api unggun di pantai.


Note:
Harap membawa peralatan snorkling, kalo tidak punya pihak resort menyewakan

Cost
Home stay 150rb/orang (kamar mandi luar) 200rb/orang (kamar mandi dalam)
Paket Malange Trip 190rb/orang

Komentar