si Gami Kuliner khas Bontang

Ayooo siapa yang sudah pernah ke Bontang terus icip-icip ini kuliner....???
Belum yah  ckckckc aduh sayang banget di lewatin nih kuliner.. saya saja sudah pernah coba *SombongMode
Hahahaha canda aja kk semua, emang nih kuliner agak susah juga ketemunya (ga juga sih).. karena mesti ke tempat khusus dan di waktu yang khusus juga. Ancap kali saya ke Bontang, namun gagal makan kuliner ini, karena saya emang jarang nginap di Bontang. Loh memang harus nginap?? yah ga juga sih, kalo kalian mau balik malam-malam its Okay. Nah paham kan, menu kuliner ini hanya ada di malam hari sepengetahuan saya, jadi itu yang bikin banyak orang sering terlewat akan kuliner ini. Dan mari saya akan bahas kuliner ini yah kk...


Oke Kuliner ini merupakan sajian
yang khas sekali dengan Bontang, setiap ke Bontang pasti ada yang bertanya "sudah makan Gami belum?". Nah apa sih Gami itu?? Gami menurut pendapat saya adalah Sambal (bumbu) dari si protein. Bingung? saya juga bingung jelasin wkkwkw.... Oke serius gami itu adalah kuliner  berupa menu protein (biasanya seafood) yang dikasih sambal... udah gitu aja. Et namun ada yang spesial, protein tersebut dilumuri sambal diatas cobek dan kemudian dipanaskan layaknya hotplate dan ketika dikeluarkan terasa asam manis pedas dari sambal yang mengepul dengan protein yang lembut banget dagingnya wihhh... semiliwir.

Nah ngiler udah...?? jangan dulu, saya belum selesai jelaskan kk semua. Untuk makan ini saya mesti ke Bontang Kuala di malam hari.. tips yah kk sebaiknya kesana jangan terlalu malam, biar ga terlalu ramai (kalo tidak suka keramaian). Nah menikmati indanya Bontang kuala tentu menjadi pilihan yang tidak bisa dilewatkan, apalagi dengan si gami yang menggoda. Oh iya info, bagi pengguna mobil untuk ke lokasi mesti parkir kendaraan diluar, dan mau ga mau mesti jalan kaki yang jauh. Kenapa ga bisa mobil masuk?? karena itu adalah daerah perkampungan di atas laut, dimana semua banguanan berdiri diatas panggung bermeterialkan kayu.



Nah sampai di dalam perkampungan, kita akan melihat banyak rumah makan yang rata-rata menyajikan menu gami. Nah karena saya tidak tau mana yang paling enak, saya pilih aja sesuka hati warung makannya. Gami banyak pilihannya, ada gami udang, gami cumi, gami bawis, gami ayam dan lainnya. Dan tentu pilihan saya jatuh pada gami Bawis yang konon paling khasnya Bontang. Nah sebaiknya kalian kesini bawa teman, karena proses masaknya cukup lama juga eh...saat itu saya sendiri jadi terasa banget. Untung si pemilik warung (suaminya) paham,  ngajak ngobrol saya dan ternyata beliau adalah mantan pemain bola jaman dulu. Namun karena saya tidak terlalu tau soal bola apalagi yang jadul banget jadi kurang antusias #plak. Btw si bapak ini tinggal lebih lama di Bontang, namun menariknya logat beliau tidak berubah, Padahal paman saya yang tinggal di Bontang tidak selama bapaknya,  saja berubah logatnya, namun si Bapak masih logat banjarnya kental.


Di tengah perbincangan, pesanan saya datang dan wih mengepul sambalnya, dan tampak 2 ikan bawis yang sungguh menggoda. Agak kaget juga ternyata 1 porsi ini dapat 2 ikan hehehhe. Tampak ikan masak bukan karena digoreng, karena kulit ikan tidak tampak mengeras atau kuning hasil goreng. Asumsi saya ikan ini diletakan di atas cobek kemudiandilumuri sambal bumbu dan kemudian dipanaskan. Proses ini memang memungkinkan bumbu terserap dengan sempurna ke ikan dan tidak heran juga proses ini memakan waktu yang lama.


Mari kita cicipin si Ikan, dan wow lembut banget nih daging ikan, daging putihnya mudah banget terlepas dari tulang. saya tambahkan sambal gaminya dimakan dengan nasi hangat, sampai ga sadar tangan dan mulut saya terus bergerak memakannya. Puas banget dah, ingin rasanya kubungkus lagi, namun teringat kata pemiliknya makan gami paling nikmat pas masih panas apalagi khas cobek akan hilang kalo dibawa pulang. Mau nambah perut udah kenyang, aduhhh pengen lagi. Ini pertama kalinya saya makan gami, dan tentu saja saya tidak bisa membandingkan gami mana yang paling enak... namun bagi saya ini enak mantap. Dan untuk harga, saya bayar Rp.35.000,- untuk gami 2 ikan termausk nasi dan 2 minuman dingin... wih pengen lagi kesana.

Komentar