Air Terjun Perjiwa di kota Tenggarong

Jarang sangat di Kaltim bisa ketemu air terjun yang dekat dengan kota, atau masih masuk dalam wilayah kota. Air terjun Perjiwa bisa menjadi keunikan itu sendiri, walau bukan terletak di area kota, namun air terjun ini sangat dekat dengan fasilitas kota yaitu GOR Aji Ambut, Tenggarong. Hanya perlu beberapa menit perjalanan dari Gor menuju air terjun Perjiwa ini. Dan harusnya juga perjalanan saya kesana cuma berapa menit, apalagi saya membawa "guide" yang pernah ke lokasi. Namun sayangnya teman saya itu gagal jadi guide karena malah lupa juga jalan masuknya, akhirnya tetap kembali bertanya hehehe.

Setelah bertanya, akhirnya kita mengetahui lokasi pasti jalan, dimulai dari jalan yang bagus dengan cor-an hingga kembali ke jalan bebatu dan kemudian dilanjutkan lagi jalan setapak. Tapi walau kondisi jalannya seperti itu, menuju lokasi tidaklah sesulit trip-trip saya untuk mencari air terjun. Sampai ketemu rumah penduduk, kita parkir disana kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki. Tidak perlu takut cape untuk jalan kaki, karena jaraknya hanya berapa ratus meter, bahkan mungkin cuma berapa puluh meter.

Air Terjun ini mungkin tidak terlalu tinggi, namun mempunyai "kolam" yang luas, jadi bisa dipake buat berenang kesana-kemari. Namun jika kita lihat batu tempat air terjun jatuh, kita banyak melihat aksi anarkis kekinian yang bikin rusak mata. Yaitu, aksi tulisan di dinding batu oleh bocah-bocah yang tidak tau indahnya alam tanpa dirusak tangan jahil.

Suasana air terjun saat itu sepi, kosong senyap tanpa kehadiran siapa-siapa, hanya saya dan teman saya. Agak seram juga kalo cuma berdua di tempat seperti ini heheheh, namun suasana sunyi ini bisa merelaksasikan pikiran yang mumet. Kita disana cuma sebentar saja, maklum kita ga bawa perbekalan buat bermain air dan juga apalagi kita cuma berdua, ntar disangka apa *plak.

Bagaimana menuju Lokasi yah kk?
Sebetulnya untuk menuju lokasi gampang, dari samarinda, jalan terus dari jl. suryanata (samarinda) hingga sampai jalan cor-an, terus sampai pertigaan (depan sungai)


Kemudian belok kanan ikutin jalan hingga ketemu jalan Pelita, kemudian masuk, ikutin jalan sampai pertigaan belok kanan, dan kembali ikutan jalan sampai ketemu jalan bebatuan dan terus hingga pertigaan

Dari pertigaan ikutin jalan air terjun dan lewat jalan setapak, ikuti jalur setapak hingga ketemu rumah, kemudian parkir dekat rumah. Kemudian ikutin jalan ke kiri dengan jalan kaki, hingga ketemu air terjun yang dekat sangat.


Komentar