Nasi Ala India si Biryani

Nahe-nahe.. acha acha

Lagi-lagi samarinda kedatangan pilihan kuliner baru yang bisa menjadi pilihan buat warga samarinda dan tentunya penikmat kuliner di Samarinda. Nasi biryani yaitu nasi khas negeri bollywood ini, menjadi pilihan yang dapat dinikmati saat ini. Bagaimana rasa nasi tersebut... mari kita bahas dalam artikel ini.


Biryani atau biriani (beriani) adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras basmati) yang dimasak bersamarempah-rempah,sayuran, atau daging. Di Indonesia dan Malysia, hidangan ini disebut dengan tambahan kata nasi (nasi biryani, nasi briyani, nasi briani, atau nasi beriani). Nama hidangan ini berasal dari bahasa parsi, beryā(n) (بریان) yang berarti goreng atau panggang. Pada zaman dulu, beras digoreng di dalam minya samin sebelum direbus di dalam air bersama rempah-rempah hingga setengah matang. (Wikipedia)

Nah kali ini, rumah makan ini buka di jl.cendana Samarinda dengan nama outlet Kedai Biryani Mr.Kinam. Outlet yang masih tergabung dengan outlet lain ini masih "menyewa" di halaman rumah orang. Untuk mengetahui lokasi tidaklah sulit, terpamapang spanduk merah dengan nama kedai serta rombong Mr.Kinam tampak menonjol dari jalan. Dengan area terbuka terdapat dua area duduk, yaitu lesehan dan menggunakan meja kursi untuk fasilitas makan ditempat.


Sampai di lokasi, tidak disediakan daftar menu, jadi saya mesti bertanya apa saja yang ada. Ternyata belum semua menu tersedia, jadi saya pesan yang ada yaitu chicken biryani, paratha dan es teh (padahal saya pengen coba lassi).

Oke saya jabarkan soal rasa dan keunikan makanan ini...

Untuk Nasi Biryani, karena saya pertama kali makan jadi saya ga bisa bandingkan dengan yang lain yah. Cukup berapa menit nasi pesanan saya diantar, disajikan dengan piring khas India yang terbuat dari logam. Nasi Biryani disajikan dengan Acar dan sepotong ayam ukuran standar yang tampak menggoda.Untuk nasinya sendiri menggunakan beras lokal itu tampak terlihat dari bentuknya yang pendek dan gempal, berbeda dengan beras basmati yang lebih panjang dan kurus. Untuk Ayamnya seperti dimasak dalam bumbu kare dan di letakan di atas nasinya. Pertama saya mencicipi nasinya yang menurut saya agak mirip dengan rasa nasi samin, cuma lebih soft. Didalam nasi terdapat kentang yang sangat lembut, dan menjadi rasa yang cocok ketika dicampur dengan nasi. Acarnya sendiri bukan hanya sebagai penghias, tapi menjadi penyegar nasi yang rasanya agak "berat". Untuk itu menurut saya nasi ini cukup enak dan bisa menjadi pilihan kuliner menarik di Samarinda.


Untuk Paratha, ini juga pertama kali saya mencicipinya. Mirip dengan canai, hanya roti ini lebih tipis dan lebar sehingga terasa lebih ringan daripada canai. Seperti halnya canai, roti ini dapat disantap dengan bumbu kare. Di kedai ini sendiri kare yang disandingkan adalah kare ayam yang gurih. Cara makannya pun cukup unik, kita sobek rotinya kemudian kita cocol ke bumbu kare dan tentu dengan ayamnya. Rotinya kering namun agak ringan, rotinya juga lebih ke tawar gurih .. kalo menurut saya rasanya?? ini menjadi favorit saya disini hahaha.


Untuk Rasa saya cukup puas, harga yah lumayan lah untuk pecinta kuliner masih bisa diajngkau... semoga next time ketika saya datang lagi, menu yang lain juga tersaji sudah.

Lokasi
Kedai Biryani Mr.Kinam
Jl.Cendan

Price
Chicken Biryani Rp.20.000,-
Paratha+Chicken Curry Rp.15.000,-

Komentar